Metode Clone Cloning System

Memahami apa itu Clone dari sudut pandang Cloning System dan metode yang digunakan 


Dalam dunia bloging, istilah Clone adalah sebuah kata yang mengandung makna kejahatan luar biasa karena dinilai merugikan banyak pihak terutama blogger yang menjadi website target clone. Dari sudut pandang tersebut membuat banyak orang (Blogger) mengutuk Clone dan membuat larangan tertulis beramai-ramai.
Namun tidak demikian pada istilah Convert. Mengapa ?
metode clone cloning system

Memang, istilah clone di dunia sains juga masih menjadi momok yang mengerikan dan dilarang keras, mungkin hal itu berlaku juga di dunia bloging.

Seiring pengalaman kami menjalani aktifitas cloning desain website, kami memang banyak menemui adanya kekacauan yang dilakukan oleh orang-orang yang kami sendiri gagal paham dengan motive nya. Yakni meng-cloning template blogger lain dan kemudian hasil clone nya itu di share gratis untuk di download masal. Bahkan kami sempat jadi korban. Dan anehnya lagi adalah bukan hanya desain, namun juga konten artikel pun di cloning juga. Itu sangat aneh menurut kami.

Dulu kami sempat share artikel kami mengenai Cara Cloning dan penjabarannya dengan cara yang sangat sederhana yang sekarang tidak kami gunakan lagi karena tidak efektif dan berdampak buruk pada kualitas konten dan SEO serta kesulitan dalam pengelolaan bahkan updating content. Kemudian setelah itu banyak bermunculan para Cloner (sebutan pelaku clone) dan melakukan tindakan yang merugikan banyak pihak.

Oleh karena itu kami menghapus artikel tersebut.

Kemudian, jika clone tidak efektif dan justru merugikan banyak pihak serta berdampak buruk, lalu adakah metode yang lebih baik dan hasil yang lebih baik ? Tentu ada. Dan Cloning System menggunakan metode yang sederhana, aman, efisien dan mudah dalam mengelola serta update konten bahkan kustomisasi pun sangat mudah karena sudah di format dengan seksama agar pengguna awam pun bisa dengan mudah mengoperasikan blog maupun websitenya.

Metode seperti apa ?

Metode Clone Cloning System

Kebanyakan cloner menggunakan teknik clone standar yakni mengambil data website yang menjadi target dengan membuka Page source kemudian di pastekan di dalam website / blog mereka. Umumnya mereka membuatnya perhalaman. Dan itu ditujukan kepada website/ blog berbasis Blogger. Yang dari dulu kami selalu bilang bahwa "mengclonig template blogspot ke blogspot itu semudah memindahkan nasi dari suatu piring ke piring lain, dan itu tidak ada gunanya". Tidak berfaedah dan tidak berkembang.
Dari situ akhirnya muncul pendapat "Kalau cuma clone template saya cuma butuh waktu 10 menit!, tapi apa manfaatnya ?". Meskipun kami yakin mereka yang bicara seperti itu tidak akan sanggup melakukannya, namun itu tidak penting buat kami.

Metode Clone Desain Cloning System adalah Converting

Apa itu ?
Sesuai dengan visi dan misi Cloning System bahwa kami pengembang desain di Blogger untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Secara garis besar, kita bisa menjumpai ada ribuan bahkan jutaan blog dengan konsep yang sama, hanya beda warna,beda nama dan beda isi. Bahkan tidak sedikit template maker hanya mengganti warna header blog dan nama blog kemudian mempublish template tersebut dengan nama yang berbeda.
Lalu bandingkan dengan wordpress theme, Joomla template, Drupal theme dan website theme lain yang sangat jauh lebih vriatif, unik dan tidak monoton. Anda bisa luangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan ke themeforest.net, elegantthemes.com,Themefuse.com dll dimana mereka merupakan marketplace untuk web design. Ada ribuan konsep web design yang sangat bagus dan unik disana, silahkan dilihat-lihat dulu.

Dan semua konsep web desain tersebut tidak ditemukan untuk Blogger blog. Lalu bagaimana jika pengguna Blogger ingin memiliki konsep tersebut di blog / website nya ?
Bagaimana seseorang pengusaha UKM bisa membuat company profilenya dengan Blogger ?

Converting Design . Itu cara paling sederhana.

Mudah dan gampang kah ? Tidak bagi yang tidak menguasai bahasa HTML dkk. Tidak bagi yang tidak mengerti pola pikir ini.

Apakah kami mengambil data dari Page Source ? 

Tidak .
Web designer diluaran sana tidak memproteksi halaman sumber untuk dilihat oang lain bahkan terkadang mereka cenderung menghias page sourcenya, tidak seperti blogger lokal yang sering melakukan itu dengan anggapan Cloning dilakukan melalui Page Source sehingga mereka mengunci halaman sumber (Page Source) agar datanya tidak diambil oleh Cloner. Yang padahal mengunci halaman page source tidak ada gunanya.

Bagaimana cara kami membuat Clone Design ?

Dalam hal membuat Clone design, sama halnya kami membuat template baru dengan menggunakan Template standar sebagai Starter project. Kenapa demikian ? Alasannya adalah mengenai pengelolaan dan kualitas serta efisiensi waktu. Dengan metode curi data page source, halaman yang dibuat adalah satu persatu dan hal tersebut akan membuat kode di dalam template bertumpuk. Sementara kami membuat template dari awal dengan menyamakan desain dengan website yang sudah ditunjuk sebelumnya (pilihan klien).

Semua styling akan menyeluruh dan selanjutnya kami memberi custom pada element-element yang dibutuhkan seperti untuk membedakan halaman awal dan halaman konten dan sebagainya.

Converting atau Cloning ?

Sebenarnya metode yang kami gunakan lebih cenderung ke Converting dimana kami selayaknya memindahkan desain dari CMS lain ke Blogger, sama halnya ketika orang membuat file MP4 menjadi MP3 dengan cara convert. Hanya saja nama Clone sudah menempel dan mendarah daging dan lebih identik dengan Cloning System.

Apa saja yang bisa di Clone ?

Semua desain website bisa kami pindahkan ke Blogger desain,entah itu file psd theme,Wp theme,Drupal dll bahkan jika anda menginginkan kami membuat Clone dari sebuah gambar tampilan website berekstensi JPEG.
Namun kami lebih merekomendasikan anda mengarahkan kami kepada URL daripada melihat gambar dengan alasan kita sama-sama bisa menilai tingkat kemiripan hasil kerja kami.

Ada Pertanyaan ?

Silahkan bicarakan semua keinginan anda mengenai Web Design dan kami sebisa mungkin akan membantu anda menemukan solusi terbaik sesuai dengan minat anda.
Diskusikan melalui komentar atau kunjungi halaman tanya jawab.

Jika anda butuh privasi, mari ngobrol di facebook atau email melalui halaman kontak.

Kunjungi facebook admin disini


0 comments:

Post a Comment

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Ichi Project All Rights Reserved.